Jumat, 26 Februari 2010

Token Ring VS FDDI

Sebenarnya token ring dan FDDI merupakan teknologi jaringan yang digunakan dalam melakukan suatu komunikasi antara computer khususnya dan antar jaringan umumnya. Prinsip topologi yang digunakan sama yaitu berupa topologi ring, akan tetapi terdapat perbedaan yang mendasar antara kedua teknologi tersebut. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, mari kita membahas terlebih dahulu kedua teknologi jaringan ini.

Token Ring

Token ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode token ring (sering disebut ring saja) adalah cara kerja token yang berputar sehingga berbentuk lingkaran. Setiap simpul mempunyai tingkatan sama. Jaringan akan disebut sebagai loop. Data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

Metode aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Setiap loop terhubung dengan loop yang lain melalui Multistations Access Unit (MAU) yang menjadi konsentrator seperti halnya switch/hub. Sebuah sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) di MAU dan bergerak dari loop pertama ke loop berikutnya. Jika pada persinggahan di salah satu loop (komputer) ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.

Meski pada prinsip kerjanya teknologi token bergerak melingkar satu arah, namun pada topologinya token menyerupai model jaringan bintang dengan menggunakan kabel khusus, instalasi token dan alat yang bertindak sebagai konsetrator token, dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps hingga 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token ring makin berkurang.

Untuk menghindari collision, token ring tidak menggunakan collision detect melainkan token passing scheme. Token passing scheme dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut:

Sebuah token yang bebas mengalir pada setiap node melalui network. Saat sebuah node ingin mengirimkan paket, node itu meraih dan melekatkan frame atau paketnya ke token. Sekarang token tidak dapat lagi oleh node yang lain sampai data itu sampai tujuannya.

FDDI

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah teknologi jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan dan mendukung transmisi data antarjaringan untuk jarak yang jauh. Metode akses yang digunakan oleh FDDI seperti model token namun memiliki dua arah. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah, maka sistem akan secara otomatis menggunakan ring kedua.

Keuntungan dari FDDI adalah kecepatan transfer data dengan menggunakan fiber optic cable yang bisa mencapai kecepatan 100 Mbps meskipun jaraj antar node atau jaringan cukup jauh.

Sehingga dengan kita mengetahui kedua teknologi tersbut dapat disimpulkan bahwa, teknologi FDDI ternyata lebih baik hal ini dikarenakan menggunakan dua jalur berbentuk ring dan menggunakan kabel optic yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar